Basic Elements in a Computer System
• Processor
• Main Memory (RAM & ROM)
– referred to as real memory or
primary memory (RAM)
– volatile -> sementara
• I/O modules
– secondary memory devices
(Hardisk)
– communications equipment
– terminals
• System bus
– communication among processors,
memory, and I/O modules
Computer Architecture
-
PC (Program Computer)
-
IR (Instructure Register)
- AR (Address Register)
-
BR (Buffer Register)
-
M (Memory)
Instruction Cycle
Fetch and Execute
• Fetched instruction is placed in the
instruction register
• Types of instructions
– Processor-memory
• transfer data between processor and
memory
– Processor-I/O
• data transferred to or from a
peripheral device
– Data processing
• arithmetic or logic operation on
data
– Control
• alter sequence of execution
|
|||||
Superscalar
|
|||||
Interrupt -> mendahulukan proses yag lebih penting
Simple Interrupt Processing
Untuk lebih mengenal Hirarki Memory komputer khususnya
Temporary Storage Area , akan di jelaskan sebagai berikut:
A. CPU Register
Register adalah memory internal yang didesain untuk
dapat menyimpan data lebih cepat dibandingkan memory utama. Register berada
dalam hirarki memory tertinggi dalam struktur dia atas, hal ini menunjukkan
register paling cepat dalam pengaksesan data,paling dekat dengan memory utama
dan paling kecil kapstitas memorynya.
Register memiiki 2 fungsi, yaitu:
- User
Visibel Register
Register CPU yang dapat digunakan oleh pemrogram, dengan menggunakan set intsruksi memungkinkan satu buah register atau lebih untuk dispesifikasian sebagai operand atau alamat operand. - Control
dan Status Register
Register yang digunakan oleh unit kontrol untuk mengintrol operasi CPU dan oleh program sistem operasi untuk mengontrol eksekusi program.
B. Cache
Cache memory ini terletak antara register dan RAM
sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memory utama. Cache memory
ada tiga level yaitu L1, L2 dan L3.
- Cache Memory Level 1 (L1) adalah Cache memory yang terletak dalam prosesor (Cache Internal). Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal. Ukuran memory berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.
- Cache Level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb. Namun Cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1. Cache L2 terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan Cache Eksternal.
- Cache Level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing inti prosesor.
C. RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memory dalam
komputer yang termasuk kategori volatile, dimana data akan hilang apabila
listrik padam. Berbeda dengan ROM, ROM mempunyai fungsi yang sama dengan RAM
tetapi ROM bersifat permanent atau data yang tersimpan tidak dapat dihapus.
D. Storage Device Types
Storage Device adalah penyimpan, tempat
penyimpanan, dan media yang digunakan untuk menyimpan data yang diolah oleh
komputer. Fungsi storage adalah menyimpan data atau file dalam jangka panjang
dan pendek.
- ROM
(Read Only Memory)
ROM adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu firmware. ROM tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM tergolong dalam media penyimpanan yang sifatnya permanen. Chip ROM datang dari pabriknya dengan program atau instruksi yang sudah disimpan di dalamnya. Satu-satunya cara untuk mengganti kontennya adalah dengan mencopotnya dari komputer dan menggantinya dengan ROM yang lain.
Penggunaan dari ROM ini contohnya adalah sebagai media penyimpanan dari BIOS (Basic Input-Output System) yang dibuat oleh pabriknya. - Secondary
Storage
Media penyimpanan data yang non-volatile yang dapat berupa Flash Drive, Optical Disc, Magnetic Disk, Magnetic Tape. Media ini biasanya daya tampungnya cukup besar dengan harga yang relatif murah. Portability-nya juga relatif lebih tinggi. - Magnetic
Disk
Magnetik penyimpanan data, digunakan untuk penyimpanan tersier dan off-line Pada komputer awal, penyimpanan magnetik juga digunakan untuk penyimpanan primer dalam bentuk memory magnetik drum, atau inti, memory inti tali, memory film tipis, memory twistor atau memory gelembung. Juga tidak seperti hari ini, pita magnetik sering digunakan untuk penyimpanan sekunder. - Optical
Tape
Optical tape adalah media untuk penyimpanan optik pada umumnya terdiri dari strip panjang dan sempit dari plastik ke mana pola dapat ditulis dan dari mana pola bisa dibaca kembali. Ini beberapa saham teknologi dengan stok film bioskop dan cakram optik, tetapi kompatibel dengan tidak. Motivasi di balik pengembangan teknologi ini adalah kemungkinan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada baik pita magnetik atau cakram optic.
Operating System
• A program that controls the
execution of application programs
• An interface between applications
and hardware
• Objectives
of Operating Systems
•
Convenience
–
Makes
the computer more convenient to use
•
Efficiency
–
Allows
computer system resources to be used in an efficient manner
•
Ability
to evolve
–
Permit
effective development, testing, and introduction of new system functions
without interfering with service
Computer Hardware and Software Structure
Operating System Services
•
Program Development
•
Program Execution
•
Access to I/O Devices
•
Controlled Access to Files
•
System Access
•
Error Detection and Response
•
System Accounting
System Calls
• Programming interface to the
services provided by the OS
• Typically written in a high-level
language (C or C++)
• Mostly accessed by programs via a
high-level Application Program Interface (API) rather than direct system call
use
• Three most common APIs are Win32 API
for Windows, POSIX API for POSIX-based systems (including virtually all
versions of UNIX, Linux, and Mac OS X), and Java API for the Java virtual machine
(JVM)
File System adalah struktur logika yang digunakan untuk
mengendalikan akses terhadap data yang ada pada harddisk.
• Programming interface to the
services provided by the OS
• Typically written in a high-level
language (C or C++)
• Mostly accessed by programs via a
high-level Application Program Interface (API) rather than direct system call
use
• Three most common APIs are Win32 API
for Windows, POSIX API for POSIX-based systems (including virtually all
versions of UNIX, Linux, and Mac OS X), and Java API for the Java virtual machine
(JVM)
Common
examples of disk based file systems include:
·
UFS (Unix File System)
·
HSFS
(High Sierra File System) also known as ISO9660
·
EXT2
·
FAT32
·
HFS+
·
Elephant FS
·
NTFS
The Unix File System
• Hard Links are links between files
ONLY on the same file system.
• Remember a file system contains
inodes and each file occupies one inode. Because the overall file
system can be composed of smaller file system this means inode
numbers are not unique in the entire file system.
• In the case of a hard link, a inode
is not consumed rather the creation of such a link consumes a
directory entry.
• Soft links however can span file
systems. So it is possible to have a soft link point to a file on
a different slice or disk (even via network).
• Soft links are commonly referred to
as symbolic links.
• With a soft link a directory entry
and new inode are allocated. The target files pathname is stored
in the link.
File Sharing and Mounting
- rwx rwx
r-- 1
root root 0
May 10 11.37 notes
- rwx r-x --x 1
john csci212 0 May
13 11.35 ex1.cpp
d rwx r-- --x 1
john csci212 0 May
18 10.30 assgts
- rwx r-x r-- 2
deleon csci212 0 May 19 16.30 ex2.cpp
The next 9 bit shows the permission of the file
r – read acces
w – write access
x – execute accress
- rwx r-x r-- 1
root root 0
May 10 11.37 notes
User (owner) Group Others
execute
No comments:
Post a Comment